5 Langkah Jitu Mengontrol Amarah

22 Dec by Claire

5 Langkah Jitu Mengontrol Amarah

Apakah Anda tipe orang yang mudah marah? Berhati-hatilah, karena sifat tersebut akan membawa banyak efek negatif. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol amarah Anda agar Anda tidak lagi mudah tersulut. Apa saja tipsnya?

 

  1. Berpikirlah sebelum Berbicara

Kebanyakan orang yang tidak bisa mengontrol kemarahan mereka akan cenderung untuk langsung mengungkapkan apa yang di dalam pikiran mereka dalam bentuk ucapan. Akhirnya, ucapan akan penuh dengan kemarahan termasuk pilihan kata yang kasar dan juga nada yang cenderung meninggi. Hal ini hanya akan membuat kondisi lebih runyam.

tips menahan amarah

Kemarahan Anda bisa memicu kemarahan orang lain dan masalah bisa menjadi rumit lagi. Ketika Anda sedang merasa marah, ada baiknya Anda jangan langsung mengutarakan kemarahan Anda. Cobalah berpikir dengan baik-baik mengenai apa yang ingin Anda ungkapkan tersebut. Sebagai permulaan proses untuk mengontrol kemarahan Anda, Anda bisa tetap bisa marah akan tetapi dengan ucapan yang lebih tertata.

Sebagai contoh, Anda ungkapkan kemarahan Anda dengan cara yang lebih “bersahabat” dan tanpa menggunakan kata yang kasar dan nada yang tinggi. Percayalah, dengan berpikir sebelum berbicara, Anda tetap bisa melampiaskan amarah tanpa membuat kondisi lebih runyam dan membuat orang lain terpancing ikut marah.

 

  1. Rehat Sejenak

Beristirahatlah sebentar dari apa yang sedang Anda kerjakan ketika Anda sedang marah. Malahan, Anda diwajibkan untuk rehat sejenak jika apa yang Anda kerjakan tersebut merupakan sumber kemarahan Anda. Ambil saja contoh pekerjaan Anda yang membuat Anda marah. Silakan Anda tinggalkan dulu pekerjaan Anda, keluar dari ruangan kerja dan pergi ke kamar mandi, basuh muka dan ambil napas panjang.

rehat sejenak

Hal-hal sepele seperti rehat sejenak terbukti bisa membuat Anda bisa berpikir lebih jernih tentang kemarahan Anda. Anda bisa menekan amarah Anda dengan lebih optimal atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Paling tidak, Anda bisa mengontrol amarah Anda dan kemudian bisa mengerjakan tips yang sudah disebutkan di nomor satu yaitu berpikir terlebih dulu sebelum berbicara.

  1. Coba Cari Solusi yang Memungkinkan

Tips yang ketiga ini masih berhubungan dengan tips nomor dua yang disebutkan di atas. Ketika Anda sudah rehat sejenak, Anda akan memiliki kesempatan untuk membuat pilihan dan diharapkan Anda bisa menekan amarah Anda. Dan ketika Anda sudah merasa agak lebih tenang, Anda akan bisa berpikir lebih jernih dan kemudian bisa mencari solusi dari kondisi kemarahan yang sedang Anda alami.

Jika Anda marah karena pekerjaan Anda terus ditambah oleh bos Anda, Anda bisa bernegosiasi dengan bos tanpa rasa marah. Atau Anda bisa tetap melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan efektif karena Anda sudah bisa berpikir lebih jernih. Intinya, selalu cari jalan keluar yang memungkinkan untuk mengendalikan kemarahan Anda tersebut.

olahraga ringan di kantor - melemaskan otot

  1. Berolahraga

Banyak orang yang tidak bisa menghubungkan antara kontrol amarah dengan berolahraga, namun ternyata keduanya banyak berhubungan. Ketika Anda marah, sebagian besar adalah karena tingkat stress yang sudah terakumulasi. Jika Anda mengalami stress yang bertubi-tubi, kemungkinan Anda untuk marah akan semakin besar bahkan untuk hal yang sepele. Dan stress tersebut bisa diatasi salah satunya dengan berolahraga. Jika badan Anda sehat, stress juga berkurang, Anda akan bisa lebih mengontrol amarah Anda.

  1. Perbanyak Ibadah

Ini merupakan tips yang sangat penting. Dengan memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan, secara otomatis kondisi psikologis Anda akan lebih tenang. Anda akan menjadi orang yang lebih tentram dengan cara tersebut. Dan dengan kondisi seperti itu, Anda bisa menghindari sifat amarah yang akan merugikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.