Karir Bermasalah ? Coba Perbaiki Skill Komunikasi

27 Dec by Claire

Karir Bermasalah ? Coba Perbaiki Skill Komunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi. Tidak peduli jika orang itu tidak bisa bicara atau mendengar, komunikasi adalah salah satu aspek terpeting dalam hidup manusia.

Sebagai contoh, jika kamu bekerja sebagai staff customer service di sebuah situs agen judi bola, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalahnya. Tidak hanya pelanggan, komunikasi efektif juga diperlukan antar sesama pekerja.

Jika mendengar istilah kemampuan komunikasi efektif, mungkin kita semua berpikir jika itu lebih seperti insting daripada sesuatu yang harus dilatih atau diajarkan. Namun begitu, seringkali kita “tersesat” saat mencoba untuk berkomunikasi dengan orang lain.

komunikasi efektif dan efisien

Kita berkata sesuatu, orang lain mendengar hal lain, terjadi kesalahpahaman, frustrasi, dan akhirnya konflik, pertengkaran dan perselisihan. Hal ini bisa terjadi dimana saja; rumah, sekolah, pekerjaan, atau hubungan asmara. Beberapa dari kita butuh pelatihan khusus untuk dapat berkomunikasi dengan efektif dan efisien.

Mempelajari kemampuan ini dapat memperdalam hubunganmu dengan orang lain, membangun kepercayaan dan rasa hormat, meningkatkan kerjasama tim, menyelesaikan masalah, terutama kesehatan sosial dan emosional.

Apa Itu Komunikasi Efektif?

Komunikasi efektif lebih dari sekedar berbagi informasi. Ini tentang memahami emosi dan maksud dibalik informasi. Sebagaimana baiknya menyampaikan informasi, kamu juga harus mendengarkan dengan seksama untuk mengerti secara penuh maksud yang tersirat agar lawan bicara merasa didengarkan dan dimengerti.

Tidak hanya pilihan kata yang kamu gunakan, komunikasi yang efektif adalah kombinasi dari 4 kemampuan:

  • Kemampuan mendengar
  • Komunikasi non-verbal
  • Mengatur tekanan
  • Berbicara tegas namun tetap sopan

skill komunikasi dengan boss

Apa yang Membuat Seseorang Sulit Berkomunikasi Efektif?

  • Stres dan sulit mengendalikan emosi. Dalam kondisi yang emosional, kamu akan cenderung salah mengartikan maksud orang lain, memberikan sinyal yang salah saat berkomunikasi, yang jika polanya berulang akan menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan.
  • Kurang fokus. Kamu tidak bisa berkomunikasi dengan efektif jika sedang melakukan kegiatan lain. Kalau kamu terus menerus melihat handphone, merencanakan apa yang akan kamu katakan, atau melamun, hampir dipastikan kamu akan melewatkan semua sinyal non-verbal yang penting dalam komunikasi.
  • Bahasa tubuh yang tidak konsisten. Segala komunikasi non-verbal haruslah mendukung apa yang kita katakan, bukan bertolak belakang. Kalau kamu mengatakan sesuatu, sementara tubuhmu mengatakan yang lain, lawan bicaramu akan berpikir kamu berbohong. Kamu tidak bisa berkata “Ya” dengan menggelengkan kepala.
  • Sinyal-sinyal negatif. Jika kamu tidak setuju dengan apa yang dikatakan seseorang, kamu akan cenderung memberikan sinyal negatif melalui gerakan tubuh sebagai mekanisme pertahanan, seperti menyilangkan tangan, menghindari kontak mata, atau menggelengkan kepala. Kamu boleh tidak setuju atau tidak suka dengan perkataan orang, namun salah satu kunci berkomunikasi secara efektif adalah menghindari memberikan sinyal negatif pada lawan bicara.

Untuk itu, sangatlah penting memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien. Selain beberapa hal di atas, yang paling penting dari komunikasi adalah pengertian dari kedua belah pihak. Komunikasi tetap tidak akan berjalan lancar jika hanya satu pihak yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kalau tujuanmu dapat seluruhnya dapat dimengerti dan terhubung dengan lawan bicara-mu, otomatis kamu juga akan menjadi pendengar yang baik. Semakin sering kamu melatih skill komunikasi, semakin memuaskan hubunganmu dengan orang di sekitar.

Kunjungi mahabet.org untuk mendapatkan pengalaman seru dan menyenangkan sekali dalam hidup. Kenyamanan kamu akan selalu terjamin karena staff kami sudah dipastikan memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dan akan selalu siap sedia membantu ketika kamu kesulitan.